Iklan

4 Tahap Pada Piramida Perencanaan Keuangan

Jhoe Edward
Kamis, 10 November 2022 | 21:37 WIB Last Updated 2022-11-12T13:34:49Z
Piramida Perencanaan Keuangan
4 Tahap Pada Piramida Perencanaan Keuangan

Finansial bukan termasuk suatu ilmu jitu yang di ajarkan secara resmi ketika kalian sedang menempuh pendidikan, sejak sekolah dasar sampai pada perguruan tinggi. Pesan terkandung yang kalian peroleh Cuma sekedar perintah guna hidup irit juga rajin menabung.

Tak ada pemahaman dasar terkait langkah mengatur finansial, mungkin termasuk hal yang tak mudah guna mampu mengelola finansial secara baik serta menjalankan hidup irit. Jika berbicara program jangka panjang ataupun pendek, pastinya terdapat pengutamaan yang perlu kalian utamakan.

Oleh karenanya, agar kalian tak pusing dalam menetapkan pengutamaan keperluan serta misi finansial maka kalian harus mengetahui tentang piramida perencanaan keuangan. Nah untuk lebih jelasnya maka kami akan membahas secara singkat pada artikel kali ini.

Baca juga: Gesek Tunai Kartu Kredit, Kelebihan, kekurangan, Hingga Bahayanya

Makna Piramida Keuangan

Dalam perancangan keuangan, standar pengutamaan keperluan serta misi finansial di gambarkan dalm bentuk piramida. Piramida perencanaan keuangan terbagi dari 2 bagian utama, yakni dasar serta misi finansial.

1. Dasar Finansial

Serupa dengan sebuah bangunan, finansial pun wajib mempunyai dasar supaya selalu stabil serta tetap kuat berdiri tegak. Dasar finansial yang sehat mampu di bangun dengn cara mengelola jalur kas yang baik, atau perolehan lebih banyak dari pengeluarannya. 

Bukan hanya jalur kas yang baik, dasar yang sangat penting yakni uang darurat. Uang darurat terdapat total uang yang bakalan kalian manfaatkan ketika kondisi darurat misalnya kehilangan pekerjaan, sakit, mengalami kemalangan, handphone rusak serta yang lainnya lagi.

Di bawah ini terdapat paparan uang darurat umum sesuai dengan total kewajiban

a) Lajang

Ketika kalian masih belum menikah, khusunya belum mempunyai kewajiban serta angsuran, menyalurkan uang darurat tiap bulan jauh lebih gampang. Maknanya kalian tak mempunyai pengeluaran yang lainnya selain keperluan kalian serta gaya hidup. Uang darurat umum yang perlu kalian tabung minimal 3x dari jumlah pengeluaran bulanan kalian.

b) Menikah serta belum mempunyai keturunan

Menikah yakni membangun rumah tangga baru yang bermakna istri kalian telah jadi tanggungan kalian. Otomatis total uang darurat yang perlu kalian siapkan pun jadi bertambah. Umumnya pada saat menikah serta belum mempunyai keturunan, total uang guna jaga-jaga yakni paling sedikit 6x dari pengeluaran tiap bulan kalian.

c) Berkeluarga

Kelahiran seorang anak bermakna meningkatkan jumlah pengeluaran tiap bulan. Umumnya, apabila mempunyai anak 1 maka tital uang darurat yang wajib kalian siapkan yakni 9x dari pengeluaran setiap bulan kalian. Makin banyak anak maka makin banyak pula uang yang wajib kalian siapkan guna berjaga-jaga.

Baca juga: Simulasi KPR BTN

2. Misi Finansial

Sesudah dasar pada piramida perencanaan keuangan sudah mampu dikelola secara bagus, maknanya kalian telah siap guna berlanjut pada level guna merancang misi finansial. Misi finansial tergolong dari uang pensiun serta misi finansial yang lainnya serta juga warisan. Umumnya tiap orang mempunyai misi keuangan yang tak sama, misalnya yakni menikah, menjalankan pembelian tempat tinggal, membeli kendaraan baru serta yang lainnya lagi.

Salah satu langkah atau metode guna menggapai tujuan kalian di waktu yang akan datang yakni dengan cara menjalankan invest atau menanamkan modal. Invest mampu menolong kalian dalam menggapai misi serta memperoleh laba.

Kalian pastinya mempunyai incaran waktu juga total uang yang perlu kalian persiapkan. Oleh sebab itu, penting guna meletakkan invest kalian pada komoditas yang pas. Di bawah ini terdapat saran komoditas sesuai dengan masa invest kalian:

a) Kurang dari 12 bulan, kalian mampu memilih menanamkan modal kalian pada komoditas deposit bank serta reksa dana market dana.
b) Antara 2 sampai 5 tahun, kalian mampu menjalanakn invest pada komoditas reksa dana penghasilan tetap serta campuran.
c) Lebih dari 5 tahun, maka kalian disarankan guna menjalankan invest pada komoditas saham, reksa dana indeks, gold maupun reksa dana saham.

Tahapan Dalam Menciptakan Rencana Keuangan Dengan Memakai Piramida Perencanaan Keuangan

1. Tingkat Pertama: Perencanaan Kekayaan

Pada tingkat ini kalian menjalankan pekerjaan maupun menjalankan usaha guna memperoleh dana. Apa saja jenis pekerjaan serta usahanya tak terdapat yang salah, akan tetapi yang sangat berdampak apabila kalian Cuma mempunyai satu sumber perolehan aktif. Yup penghasilan yang baru kalian peroleh jika kalian telibat aktif.

Ini termasuk tingkat yang super penting, kalian harus mempunyai kemahiran guna mampu menciptakan dana, kalian haru selalu berlatih srta terus berlatih. Kalian jangan Cuma focus mengejar dana, namun kalian pun perlu memikirkan gimana agar kalian yang di kejar oleh dana. Salah satu langkah atau metode yang tepat yakni dengan cara mengembangkan kemahiran serta keahlian kalian.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

2. Tingkat Ke 2: Akumulasi Kekayaan

Tahap selanjutnya dalam menciptakan rencana keuangan dengan memanfaatkan piramida perencanaan keuangan yakni akumulasi kekayaan. Di sini kalian mulai menjalankan invest guna keperluan di waktu yang akan datang misalnya mempersiapkan uang pendidikan serta uang pensiun. Makin lama masa kalian maka makin ringan yang perlu kalian invest kan tiap bulannya. Kalian mampu menjalankan perhitungan berapa perlu menyimpan tiap bulannya.

3. Tingkat Akselerasi Kekayaan

Sesudah seluruhnya selesai, pada tingkat yang satu ini kalian telah bebas jika ingin mencukupi sejumlah harapan yang sempat terhenti ataupun menjalankan invest atau penanaman modal maupun mengembangkan usaha yang semata-mata bukan guna keperluan perorangan lagi akan tetapi telah berfikir guna keperluan orang lain.

4. Tingkat Distribusi Kekayaan

Selanjutnya tingkatan dalam menciptakan rencana finansial dengan memanfaatkan piramida perencanaan keuangan terakhir yakni tingkat distribusi kekayaan. Ini termasuk tingkat di mana sesudah kalian mendirikan piramida keuangan kalian dalam sejumlah bentuk jenis kekayaan, maka kalian harus menciptakan rencana saluran kekayaan maupun rencana warisan agar kekayaan yang kalian miliki mampi tersalur secara baik pada orang yang tepat secara cepat serta tarif yang tak mahal.

Terdapat sebagain besar orang beranggapan larangan jika berbicara terkait warisan, akan tetapi kalian tak diperbolehkan untuk melalaikan tingkatan yang satu ini guna menghindari sejumlah masalah yang bisa saja terjadi terkait dengan warisan.

Kesimpulannya yakni dalam mengatur finansial memerlukan konsistensi guna melaksanakannya. Apabila kesehatan keuangan kalian bagus, kalian mampu lebih focus serta nyaman dalam menjalankan kehidupan. Guna menciptakannya maka kalian mampu mengaplikasikan trik jitu tersebut sebagai pedoman dasar kalian.

Pendalaman terkait piramida perencanaan keuangan mampu jadi acuan dasar kalian dalam menciptakan rencana keuangan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 4 Tahap Pada Piramida Perencanaan Keuangan

Trending Now