Iklan

Simak! Begini Simulasi KPR BTN

Jhoe Edward
Selasa, 19 Juli 2022 | 10:27 WIB Last Updated 2022-11-12T06:22:20Z
Begini Simulasi KPR BTN
Simak! Begini Simulasi KPR BTN


Mengenal Kredit Pemilikan Rumah

Anak muda zaman sekarang memang bisa dikatakan tengah mempersiapkan masa depan mereka yang memang sudah sangat akrab tentunya dengan istilah yang dikenal dengan sebutan KPR. Tentunya, masih banyak juga dari mereka yang mungkin memang masih belum paham mengenai hal tersebut. Itulah mengapa akan kami coba jelaskan melalui artikel ini dengan memberi Anda simulasi KPR BTN. 

KPR sendiri adalah suatu fasilitas yang memberikan kredit, khususnya untuk kredit pemilikan rumah yang memang digunakan untuk membeli rumah atau juga ruko dan bisa juga dengan jenis properti lainnya. Tentu saja, agar kalian memahami mengenai KPR ini, kalian juga harus paham mengenai simulasi kredit KPR itu sendiri. Dengan mengetahui simulasi ini, maka kemungkinan besar Anda bisa melakukan pinjaman dengan lebih mudah dan mengetahuinya dengan lebih baik. 

Tentunya dengan adanya sistem pembayaran cicilan ini, memang akan sangat membantu dan sekaligus juga memudahkan masyarakat dalam memiliki sebuah hunian yang memang menjadi impian mereka, meskipun mereka memang masih belum memiliki uang tunai yang cukup. 

Tentu saja untuk melakukan KPR ini, Anda memang harus sudah menyiapkan dana yang akan digunakan untuk uang muka atau juga biasa dikenal dengan DP atau down payment, sebagai sebuah setoran yang dilakukan pada awal KPR, kemudian kalian bisa membayar sisanya dengan mencicil tiap bulan. Cukup sederhana dan simple bukan?

Tentu setelah Anda memahami apa itu yang disebut dengan KPR, Anda memang harus mulai membaca dan mempelajari mengenai simulasi KPR BTN itu sendiri. Dengan begitu, kalian bisa melakukan perhitungan dengan baik dan mengerti dengan lebih detail mengenai apa yang akan dilakukan. Namun sebelumnya, kita akan bicara mengenai syarat KPR terlebih dahulu. 

Baca Juga : Generasi Milenial Terancam Tidak Mampu Beli Rumah

Syarat untuk KPR

Adapun beberapa syarat yang kalian harus ketahui untuk dapat melakukan kegiatan KPR ini dan syarat-syarat tersebut harus Anda penuhi, karena memang ini adalah hal yang mutlak dan Anda harus melengkapi semua yang dibutuhkan, agar Anda bisa melakukan kredit. Ini adalah beberapa syarat-syarat yang harus Anda ketahui. Sebelum kita membahas mengenai simulasi KPR BTN ini adalah hal-hal yang harus kalian ketahui.

1. Merupakan seorang WNI dan juga berdomisili di Indonesia. 

2. Harus minimal berusia 21 tahun. 

3. Memiliki pekerjaan tetap dan juga penghasilan yang tetap, dengan masa kerja minimal 1 tahun untuk PNS dan pegawai dan 2 tahun untuk wiraswasta. 

Itu adalah beberapa persyaratan utama yang memang harus Anda lengkapi dan bila Anda sudah melengkapi syarat-syarat tersebut, maka yang berikutnya adalah Anda hanya tinggal menyiapkan beberapa dokumen seperti di bawah ini ya. 

1. Fotokopi KTP, KITAS, Paspor atau juga KITAP

2. Slip gaji bulanan yang terakhir

3. Fotokopi rekening koran Anda

4. Bagi professional harus mempersiapkan fotokopi izin praktek

5. Fotokopi akta perusahaan yang menjadi tempat bekerja atau juga surat izin usaha atau SIUP dan juga nomor wajib pajak atau NPWP

6. Fotokopi bulanan kartu kredit pada satu bulan terakhir

7. Fotokopi karti kredit

Nah, itu adalah beberapa syarat KPR dan juga dokumen-dokumen penting yang Anda memang harus lengkapi dan pastinya bila itu lengkap, maka Anda sudah bisa mengajukan untuk melakukan kredit rumah di bank pilihan Anda ya. 

Jenis-Jenis KPR

Tentu Anda juga harus tahu, karena ada beberapa jenis dari KPR itu sendiri. Dengan mengetahui jenis-jenisnya ini, kalian jadi bisa mempertimbangkan jenis KPR mana yang memang harus kalian gunakan dan pakai. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis dari KPR yang harus kalian ketahui sebelum melakukan pengajuan untuk melakukan kredit. 

1. KPR non Subsidi

Merupakan salah satu jenis kredit rumah yang memang ditawarkan oleh bank dengan tanpa adanya campur tangan pemerintah. Seluruh biaya nantinya merupakan hasil dari kebijakan bank itu sendiri, dimana nantinya suku bunga KPR non subsidi ini biasanya akan memiliki acuan pada BI rate ya. 

2. KPR Bersubsidi

Adalah sebuah kreditan rumah yang memang merupakan salah satu bentuk bantuan dari pemerintah. Bantuan ini berupa sebuah pengurangan uang muka atau DP hingga juga suku bunga. Kredit pemilikan rumah ini akan diberikan kepada para pekerja yang memang memiliki penghasilan rendah. 

3. KPR Syariah

Adalah salah satu jenis KPR yang memang memiliki prinsip-prinsip ajaran agama Islam, sehingga memang tak akan menganut sistem buang melainkan bagi hasil atau juga dikenal dengan sebut nisbah. 

4. KPR Pembelian

Adalah sebuah jenis KPR yang memang menggunakan jaminan berupa. Bukan hanya rumah akan tetapi bisa menggunakan properti lainnya, seperti ruko dan juga apartemen. 

5. KPR Refinancing

Memiliki sedikit perbedaan dengan jenis KPR lainnya, sebab memang KPR jenis ini adalah sebuah produk yang mana rumah yang akan dibeli akan dijadikan sebuah jaminan untuk pinjaman pribadi. 

6. KPR Take Over

Adalah sebuah penawaran yang akan dilakukan bila kalian ingin memindahkan KPR yang telah berjalan, untuk berjalan ke bank yang lainnya. 

7. KPR Angsuran Berjenjang

Adalah sebuah fasilitas pinjaman yang dapat digunakan untuk membeli rumah. Akan tetapi memang debitur boleh untuk melakukan penundaan pembayaran sebagian dari angsuran tersebut sampai tahun ketiga masa pinjaman itu sendiri. 

8. KPR Duo

Adalah merupakan jenis KPR yang memang akan menawarkan Anda 2 buah fasilitas sekaligus, yakni dengan cicilan rumah dan juga angsuran pembelian mobil atau juga furnitur lainnya dalam satu waktu atau waktu yang bersamaan. 

Nah, itu adalah beberapa jenis dari KPR yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui hal-hal itu, maka Anda jadi bisa memilih mana jenis KPR yang memang mungkin cocok dan sesuai dengan Anda. Jadi, itu adalah beberapa jenis yang harus Anda ketahui ya. 

Baca Juga : 5 Investasi Jangka Panjang Yang Paling Populer

Simak, Begini Contoh Simulasi KPR

Setelah mengerti mengenai itu semua, maka kini kita akan bicara mengenai simulasi KPR BTN yang memang harus diketahui oleh kalian yang ingin mengajukan KPR ke bank. Nah, kali ini kita akan bersama-sama mempelajari cara perhitungan KPR yang semoga saja bisa membantu Anda. 

Simulasi KPR BTN ini bisa menjadi salah satu acuan yang bagus untuk membantu Anda dalam memahami apa yang memang akan dilakukan, ketika Anda akan mengajukan kredit itu sendiri. Maka dari itu, lebih baik kita bersama-sama belajar dan pahami dengan baik apa yang harus dilakukan. 

Berikut ini adalah simulasi KPR BTN yang harus Anda ketahui. Simak ya. 

Pinjaman KPR yang diajukan kepada Bank adalah sebesar 600.000.000, maka Anda akan mendapatkan bunga KPR Fixed yang telah ditetapkan bank adalah 8,4% per tahun, yang akan berjalan selama 5 tahun atau sebesar 0,7% per bulan dengan rincian sebagai berikut ini. 

Tenor

- 10 bulan atau juga bisa 120 bulan

Cicilan Pokok

- 600.000.000 ; 120 bulan maka Anda harus membayar 5.000.000 per-bulan

Nominal Bunga KPR

- 600.000.000 dikalikan dengan 0,7 % maka akan memiliki hasil 4.200.000 per-bulan

Cicilan Per-Bulan

- 5.000.000 ditambah dengan 4.200.000 maka biaya cicilan per bulan Anda adalah 9.200.000 per-bulan

Jika anda ingin mencoba dengan hitungan dari BTN anda bisa langsung ke situs resminya KPR BTN, anda hanya perlu memasukan data data dan langsung mendapatkan hasil perhitungannya. 

Nah, semoga saja dengan adanya simulasi KPR BTN ini, Anda memiliki informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan kredit dan mendapatkan hunian yang menjadi idaman Anda. Semoga berguna dan semoga beruntung.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Simak! Begini Simulasi KPR BTN

Trending Now