Iklan

10 Strategi Trading Saham untuk Pemula Gen Z

Senin, 11 Juli 2022 | 18:22 WIB Last Updated 2022-11-05T13:50:54Z

Trading saham kini sudah tempat instrument investasi paling disukai oleh trader pemula Gen Z dijaman era sekarang. Selain mendapat keuntungan yang sangat besar, tapi dapat dijadikan sebagai trading saham harian yang menjanjikan. 10 Strategi trading saham untuk pemula Gen Z menjadi ilmu penting yang harus diterapkan agar bisa melakukan system kerja dengan baik.

Bagaimana tidak, ketika harga pasar sedang naik maka keuntungan yang didapatkan pun akan semakin bertambah. Maka tak heran jika trading saham ini banyak dijadikan sebagai ladang usaha bisnis online tanpa paruh waktu. Namun, sayang berbeda dengan pemula yang baru terjun. Tentu harus tahu cara sistem kerja trading yang benar dan sudah memahami strategi dengan matang agar bisa menghasilkan keuntungan dengan cepat.


10 Strategi Trading Saham untuk Pemula Gen Z

Lantas, bagaimana strategi yang harus dilakukan bagi pemula dalam menjalankan trading saham?

Baca Juga: 4 Merek Emas Batangan terbaik di Indonesia untuk Investasi Logam Mulia


Apa itu Trading Saham?


Trading saham adalah kegiatan transaksi jual beli saham secara individu maupun perseorangan dalam waktu jangan pendek yang dapat menghasilkan keuntungan lebih besar tergantung trafik harga pasar pada setiap harinya.

Aktif dalam menggeluti trading membutuhkan analisa harga pasar setiap hari supaya bisa mendapatkan harga saham yang lebih baik. Tujuannya yaitu supaya pencapaian yang didapatkan sesuai target untuk menghasilkan keuntungan pada saat penjualan.


Cara Kerja Trading Saham


Cara Kerja Trading Saham.jpg


Ada beberapa cara kerja trading saham yang harus diketahui oleh trader pemula Gen Z agar tidak menimbulkan kerugian pada saat melakukan deposit, diantaranya:


Jangka Pendek


Cara kerja trading saham memiliki waktu hanya jangka pendek, mulai harian maupun mingguan. Setiap kali melakukan deposit, seorang trader harus menganalisis perkembangan pasar saham setiap hari. Ini menyangkut pada posisi harga saham yang sedang turun maupun naik.


Menganalisa Harga Pasar


Cara kerja trading saham yang kedua adalah menganalisa harga pasar. Setiap hari grapik trading tidak bisa berjalan dengan mulus, terkadang berada ditingkat atas maupun bawah. Solusi melakukan transaksi saham dengan harga terbaik yang harus dilakukan oleh trader pemula Gen Z yaitu harus meluangkan waktu untuk menganalisa harga pasar supaya tidak menyebabkan kerugian.

Dimana kita harus pintar melihat analisa teknikal yang sering digunakan oleh seorang investor. Pada dasarnya, seorang trader pemula harus menciptakan solusi terbaik saat melakukan trading dalam waktu lebih cepat. Tujuannya adalah untuk melihat perkembangan atau pergerakan harga pasar setiap hari dalam jangka waktu yang telah ditentukan setelah melakukan deposit.

Seorang trader pemula harus memiliki skil pengetahuan analisis saham guna mempermudahkan dalam transaksi jual beli setelah melihat pergerakan harga pasar. Selisih harga tentu sangat penting bagi trader agar tidak menanggung resiko sangat besar alias mengalami kerugian.


Buy and Sell


Cara kerja trading saham yang terakhir adalah menggunakan system buy and sell. Artiknya kita bisa membeli saham dengan harga murah dan akan dijual kembali pada saat mendapat harga tinggi tepat waktu jangka pendek yang telah ditentukan.

Hindari menahan asset lebih lama setelah melakukan pembelian. Sebab, kesempatan harga pasar yang lebih tinggi tidak selamanya ada. Oleh karena itu, ketika anda sudah membeli saham dan melakukan trading dalam waktu pendek maka segera cepat jual kembali pada saat pergerakan harga pasar berada diatas nilai ketinggian.


Strategi Trading Saham untuk Pemula


Pemahaman dalam menjalankan trading membutuhkan stratergi yang memumpuni. Sebab, setiap hari akan melihat pergerakan harga pasar dan mengambil keputusan jual beli saham dengan tepat. Ada beberapa cara strategi trading saham untuk pemula Gen Z yang harus diperhatikan pada saat melakukan trading, diantaranya:


Pengetahuan Sistem Kerja


Pengetahuan Sistem Kerja, strategi trading saham untuk pemula.jpg


Pengetahuan sistem kerja menjadi bagian penting bagi pemula untuk merencanakan strategi trading saham. Seorang trading saham pemula Gen Z perlu mengetahui berita dan kondisi pasar saham terbaru yang sedang dijalankannya. Ini sangat berpengaruh pada suku bunga system federal, berita ekonomi, pengumuman indikator, bisnis dan keuangan lainnya.

Jadi, meluangkan waktu setiap hari untuk membuat daftar saham yang akan di trading. Ketahui harga pasar, perusahan yang akan dipilih dan juga informasi lainnya yang menyangkut pada trading saham itu sendiri.


Menyisihkan Dana


Menyisihkan Dana atau Deposit Trading Saham


Seorang trader harus konsekuensi dalam menerapkan modal dan menyisihkan dana yang akan dideposit saat melakukan trading saham. Banyak sekali orang yang terjun didunia trading saham telah berhasil sukses mendapat keuntungan sangat besar disetiap jual saham.

Melakukan deposit sekitar $20.000 dan harus mengambil resiko sekitar 0,5% dari modal yang akan di trading, maka kerugiannya adalah $100. Sehingga jumlah surplus dana yang akan dikeluarkan untuk trading, tentu harus siap mengambil resiko.


Meluangkan Waktu Setiap Hari


Meluangkan Waktu Setiap Hari Jam Pasar Trading Saham


Strategi trading saham untuk pemula yang perlu siapkan adalah meluangkan waktu setiap hari untuk mengetahui pergerakan harga pasar. Mengorbankan waktu setiap hari tentu sangat penting menjadi seorang trader. Dan selalu menghindari waktu terbatas untuk menjalankan trading saham agar tidak kehilangan berita.


Fokus dan selalu melakukan pergerakan cepat adalah solusi terbaik kunci sukses saat melihat kondisi pergerakan saham dan peluang muncul setiap jam atau selama menjalankan trading. Sehingga strategi ini dilakukan secara terus menerus, maka keuntungan yang didapatkan semakin besar.


Deposit Kecil


Melakukan deposit kecil menjadi salah satu strategi trading saham untuk pemula Gen Z. Fokuslah pada satu atau dua saham yang akan dikeluarkan dalam satu sesi. Mencari dan menemukan peluang yang lebih mudah dengan beberapa saham untuk menetukan harga pasar yang akan diinvestasikan.


Hindari Saham Penny


Saham Penny Strategi Trading Saham


Mencari penawaran harga terendah bakal terjadi pada trading saham. Biasanya, saham seperti ini sering tidak likuid dan selalu mendapatkan jackpot yang menyedihkan. Oleh karena itu, strategi trading saham untuk pemula yang kelima yaitu menghindari saham penny.


Banyak sekali saham yang melakuan trading dibawah $5 menjadi delisting di bursa saham utama dan dapat di diperdagangkan over-the-counter (OTC). Solusi terbaik menanggapi saham penny harus melihat peluang nyata dan melakukan riset.


Mengatur Waktu Perdagangan


Mengatur Waktu Perdagangan, Strategi trading Saham.jpg


Setiap hari pasti selalu ada pesanan dari berbagai macam investor maupun pedangan yang berkontribusi menawarkan harga saham. Bagi seorang trader pengalaman tentu sudah tahu betul cara mengambil keputusan tepat dalam menangani masalah pesanan. Jika penawaran yang diberika mendapat untung besar selalu diambil dan begitupun sebaliknya. Jadi, strategi trading saham untuk pemula memiliki prinsip dalam mengatur waktu perdagangan.


Biasanya diwaktu pertengahan pergerakan saham kurang stabil, tetapi setelah menuju akhir penutupan baru harga pasar saham yang tinggi mulai bermunculan, mulai dari tingkat rendah maupun tinggi.


Market Order atau Limit Order


Market Order atau Limit Order, Strategi Trading Saham


Putuskan jenis pesanan apa yang akan Anda gunakan untuk masuk dan keluar dari perdagangan. Apakah Anda akan menggunakan market order atau limit order? Laporan pasar menawarkan harga terbaik pada saa itu tanpa melakukan jaminan tertentu. Ini sangat baik bagi trader pada saat ingin masuk atau keluar pasar dan tidak memilikirkan menambah deposit yang akan dikeluarkan. Market order atau milit order adalah ilmu penting yang dapat dijadikan sebagai strategi trading saham untuk pemula yang masih belajar atau terjun didunia perdagangan saham.


Limit order dapat membantu perdagangan pasar yang lebih presisi pada saat trader menawarkan harga yang telah ditentukan. Apabila trader menentukan harga pasar tidak mencapai target, maka tidak akan mendapat keuntungan dan tetap selalu mempertahakan posisinya.


Memiliki Realistis Dalam Keuntungan


Besar harapan mendapat keuntungan besar menjadi keinginan bagi seorang trader. Namun, kita jangan berpikir harus berhasil mendapat keuntungan sepanjang waktu. Walaupun, banyak sekali pedagang saham yang telah berhasil mendpat keungungan lebih dari 50%. Terkadang bisa terjadi kerugian dalam menjalankan perdagangan itu. Jadi, stragegi trading saham untuk pemula harus memiliki pemikiran yang reaslistis dalam keuntungan saat transaksi jual beli.


Keputusan yang Tepat


Pergerakan saham setiap hari dapat mempengaruhi pola pikiran kita. Dimana, kita harus belajar untuk menghindari rasa takut, harapan dan keserakahan. Oleh karena itu, strategi trading saham untuk pemula membutuhkan keputusan yang tepat dalam mengatur perdagangan secara logika tanpa secara emosi.


Memiliki Rencana Matang


Menjadi seorang trader tentu harus memiliki keputusan pergerakan yang cepat pada saat melakukan trading saham. Mengapa? Strategi trading saham untuk pemula harus memiliki rencana matang dalam system kerja perdagangan dan selalu disiplin pada perencanaan teresebut. Hindari mengampil keputusan yang salah saat melakukan trading, baik menjual atau membeli saham. Sebab, itu akan menimbulkan resiko sangat besar pada perdagangan saham Anda.



Apa yang Membuat Trading itu Sulit?


Apa yang Membuat Trading itu Sulit Strategi Trading Saham


Trading saham membutuhkan banyak latihan dan pengetahuan dari berbagai macam faktor yang dapat menimbulkan tantangan bagi trader.


Pertama, seorang trading untuk pemula Gen Z pasitnya akan melawan trader sudah professional dan memiliki pengalaman jam terbang yang lama dalam transaksi jual beli saham. Biasanya meraka memiliki akses ke teknologi dan koneksi terbaik di industri ini. Maka dapat dipastikan trader professional selalu meyaniki akan berhasil mendapat keuntungan besar.


Pahami bahwa perusahaan trading selalu menginginkan bagian keuntungan dari setiap pengguna tidak memilikirkan seberapa pendapatan yang diterima. Dan, ingatlah trader harus membayar pajak di setiap keuntungan jangka pendek maupun investasi.


Seorang trader pemula Gen Z  sangat rentan terhadap psikologi dan emosional pada saat mengikuti trading saham. Seperti contoh, jika trader menanam modal dan tidak memiliki strategi trading maka dapat menyebabkan uang akan hilang.


Memutuskan Kapan Harus Membeli Saham?


Memutuskan Kapan Harus Membeli Saham Strategi Trading Saham


Perdagangan jangka pendek mencoba ingin menghasilkan uang dengan mengeksplotasi di setiap pergerakan harga pasar. Melakukan penanaman model dengan jumlah besar biasanya sering dilakukan oleh trader professional. Oleh karena itu, memutuskan kapan harus membei saham? Strategi trading saham harus tahu 3 hal ini:


Likuiditas


Menjaga keamanan likuiditas menjadi peran penting dalam membeli atau menjual saham dengan mudah dan mendapat harga pasar yang tinggi. Likuiditas adalah keuntungan harga pasar yang sangat diharapkan dari perdagangan dengan harga sebenarnya.


Volatilitas


Volatilitas adalah kisaran harga pasar yang ditawarkan setiap hari ketika pedangan sedang beroperasi. Kita bisa melihat valatilitas harga pasar yang menjadi potentsi keuntungan maupun kerugian yang sangat besar.


Volume Perdagangan


Volume perdagangan adalah mengatur seberapa kali menjual atau membeli dalam waktu tertentu. Biasanya konsep seperti ini sering dijadikan sebagai volume perdagangan harian rata -rata. Tingkat volume yang tinggi dapat menunjukkan bahwa banyak trader yang minat pada saham. Peningkatan volume saham seringkali merupakan pertanda lonjakan harga pasar, baik saat sedang naik maupun turun.


Kapan Harus Membeli Saham?


Setelah mengetahui saham (atau aset lain) yang ingin Anda perdagangkan, Anda perlu mengidentifikasi titik masuk untuk perdagangan. Alat ini dapat membantu kapan harus membeli saham yang tepat:


Layanan Berita


Layanan berita dapat menginformasikan situasi dan kondisi pergerakan pasar yang sedang terjadi. Ini menunjukan bahwa kapan harus membeli saham paling tepat bagi trader pemula maupun professional.


Jaringan Komunikasi Elektronik


Jaringan konumasi elektronik adalah sistem berbasis komputer yang menampilkan penawaran dan permintaan penawaran terbaik yang tersedia dari beberapa pelaku pasar. Kemudian, secara otomatis akan mencocokkan dan mengeksekusi segala pesanan pesanan secara real time. Waktu paling tepat kapan harus membeli saham adalah mengetahui jaringan komunikasi elektronik.


Grafik Pergerakan Pasar


Grafik pergerakan pasar menujukan analisis harga yang sedang ditawarkan dengan menembus garis tren diatas pola segitiga dalam perdagangan. Hal ini dapat dipastikan kapan harus membeli saham yang nyata dan benar-benar work.


Memutuskan Kapan Harus Menjual?


Memutuskan Kapan Harus Menjual Strategi Trading Saham


Ada beberapa cara yang harus dilakukan pada saat ingin memutuskan kapan harus menjual. Strategi menjual saham paling baik agar mendapat keuntungan besar, yaitu:


Scalping


Scalping adalah salah satu strategi paling popular yang sering digunakan oleh para trader untuk menjual saham dalam waktu yang tepat dan mendapat kentungan besar. Memutuskan kapan harus menjual saham maka gunakan scalping agar bisa mengetahui grafik yang tepat.


Pivot Point


Pivot point merupakan salah satu cara memutuskan kapan harus menjual saham dengan baik. Dimana, ketika kita membeli saham dengan harga rendah dan langsung menjual saham hari itu juga.


Pergerakan Trend


Melihat pergerakan trend pasar yang bagus akan memutuskan kapan harus menjual saham. Strategi ini biasanya melibatkan perdagangan pada rilis berita atau menemukan pergerakan tren yang kuat dan didukung oleh volume tinggi. Salah satu momentum trader akan membeli saham pada saat melihat berita dan mengikuti trend harga pasar yang ditawarkan.


Tetapkan Batas Kerugian Finansial


Strategi trading saham untuk pemula Gen Z harus menetapkan batas kerugian finansial maksimum dalam setiap hari. Setiap kali mengalami kerugian, solusi terbaik adalah keluar dari perdagangan. Namun, harus tetap pada perencaan yang telah ditentukan dan bisa kerjakan dihari kemudian.

Dimana kita bisa menentukan kapan mulai dan berhenti berdagang agar tidak menimbulkan resiko kerugian sangat besar. Strategi mengubah resiko menjadi peran penting dalam menjalankan trading saham yang paling tepat.

Telusuri grafik historis secara manual untuk menemukan titik masuk perdagangan yang cocok dengan Anda. Dan selalu perhatikan stop-loss order atau target harga penawaran Anda agar bisa mendapat keungungan yang sangat besar.

Jika strategi Anda berhasil, lanjutkan ke trading di  akun demo secara real time supaya dapat mengambil keuntungan selama jangka waktu yang telah ditentukan. Tetapi, apabila strategi ini tidak menghasilkan keuntungan, maka lakukan dari awal.

Jadi itulah, pembahasan 10 Strategi trading saham untuk pemula Gen Z yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua khususnya pecinta trading yang masih pemula.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 10 Strategi Trading Saham untuk Pemula Gen Z

Trending Now