Iklan

Beli Emas Batangan Dimana? Inilah Rekomendasi Tempat yang Aman

Jhoe Edward
Minggu, 09 Oktober 2022 | 18:02 WIB Last Updated 2022-10-09T11:15:36Z

Beli Emas Batangan Dimana?
Beli Emas Batangan Dimana? Inilah Rekomendasi Tempat yang Aman

Aset emas merupakan salah satu cara terbaik untuk berinvestasi yang direkomendasikan oleh banyak pakar keuangan, karena nilainya di pasar dunia dinilai tinggi. Investasi emas juga bisa dilakukan dengan modal minim, apalagi emas mudah dijual kembali jika kita membutuhkan dana darurat. Lalu, beli emas batangan dimana? simak rekomendasi tempatnya dalam artikel ini.

Lokasi Beli Emas Batangan Dimana?

Agar investasi emas yang anda lakukan bisa berjalan lancar dan terhindar dari penipuan, berikut ini rekomendasi tempat jual beli emas batangan yang aman dan terpercaya.

Kantor Pusat Antam

Jika anda berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, anda bisa mengunjungi kantor pusat Antam untuk membeli emas Antam atau emas batangan secara langsung yang terletak di Jalan Simatupang, Jakarta Selatan. Selain sebagai tempat membeli emas Antam, disini anda juga bisa menjual kembali emas tersebut.

Namun, jika anda membeli emas di kantor pusat Antam, anda akan mendapatkan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan tempat lain. Oleh karena itu, meskipun memiliki lokasi strategis di pusat kota, kantor pusat Antam ini kerap terlihat sepi dari calon pembeli. Karena mereka lebih tertarik membeli emas di berbagai unit bisnis Antam yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Baca juga: 4 Merek Emas Batangan terbaik di Indonesia untuk Investasi Logam Mulia

Bank Syariah

Lokasi selanjutnya lagi yang bisa anda pertimbangkan untuk membeli emas batangan yaitu di berbagai bank syariah, seperti Bank Muamalat, Mandiri Syariah, BRI Syariah, BNI Syariah dan lainnya. Keuntungan membeli emas batangan di tempat ini adalah mudah dijangkau di kota-kota kecil dan transaksinya dilakukan dengan prinsip syariah. 

Selain itu, anda bisa membeli emas batangan dengan cara kredit, dan bank syariah menawarkan jasa gadai dengan harga yang tinggi, yaitu 95% dari harga pasar. 

Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu tempat paling aman untuk membeli emas batangan atau logam mulia, karena ia merupakan bagian dari BUMN yang dipercaya untuk melakukan transaksi jual beli emas. Pegadaian memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli emas dengan secara tunai atau kredit dan bisa dilakukan secara online dan offline. 

Pembelian emas secara tunai bisa dilakukan di seluruh kantor Pegadaian Galeri 24 yang merupakan anak perusahaan PT Pegadaian. Cukup melampirkan identitas diri dan memilih emas mulai dari berat 1 gram-1 kg. Disini, anda bisa membeli emas dengan sistem menabung/titipan yang dimulai dengan harga Rp5 ribu dan berat mulai dari 0,01 gram. 

Layanan ini khusus untuk masyarakat yang ingin berinvestasi emas dengan dana minim. Anda juga bisa menjual kembali emas di pegadaian dengan buyback 97% dari harga pasar saat itu.

Situs Logammulia.com

Jika anda tidak ingin repot mengunjungi kantor secara langsung, anda bisa membeli emas batangan di situs www.logammulia.com. Dalam situs ini, anda akan menemukan emas batangan yang ditawarkan dari ukuran 0,5 gram hingga 1000 gram atau 1 kg.

Sebelum membeli emas batangan di situs ini, anda perlu membuat akun dan diminta untuk mengubah lokasi anda ke lokasi yang paling dekat dengan alamat tempat tinggal. Setelah proses pembelian emas dan pembayaran dilakukan, maka pengiriman akan langsung diproses dengan waktu pengiriman paling lama 5 hari kerja.

Tamasia

Tamasia adalah aplikasi investasi emas online yang banyak dipakai oleh para investor di Indonesia. Salah satu keunggulannya, pembelian emas batangan dengan aplikasi ini bisa dilakukan dengan cara syariah. Disini, anda bisa membeli emas batangan dengan tingkat kemurnian 99,9%, dan bisa memilih dari harga termurah, yaitu hanya Rp 10.000. 

Anda juga bisa melihat update harga dalam aplikasi Tamasia. Jika anda berminat, aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah di Google Play Store dan Apple Store. Untuk masalah keamanan, anda tidak perlu khawatir, karena APK ini telah diawasi oleh BAPPEBTI.

Baca juga: 5 Investasi Jangka Panjang Yang Paling Populer

Lakuemas

Aplikasi lainnya yang perlu anda pertimbangkan adalah Lakuemas. Disini, anda bisa membeli emas batangan dan aneka perhiasan lainnya secara online dengan harga bervariasi. Platform yang diperkenalkan Central Mega Kencana Group ini kerap memberikan promo menarik untuk pengguna baru. 

Selain itu, developer Lakuemas mengklaim bahwa harga emas yang dijualnya lebih murah dan memiliki tingkat kemurnian 99,9%. Jika anda tertarik untuk membeli emas di Lakuemas, anda bisa mengunduh aplikasi Lakuemas di Google Play atau Apple Store, atau bisa langsung mengunjungi situs resmi dan toko fisiknya yang tersebar di pusat perbelanjaan di Indonesia.

Tokopedia Emas

Sama seperti tempat beli emas batangan lainnya, Tokopedia Emas juga dijamin aman, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan BAPPEBTI. Disini, anda bisa membeli dan menjual emas secara cepat dan mudah dimana saja dan kapan saja. Tokopedia Emas sendiri bekerjasama dengan Pluang sebagai mitra Tabungan Emas. 

Pluang akan membantu pengguna Tokopedia yang ingin menabung emas hanya dengan biaya Rp. 5.000. Persyaratannya juga sangat mudah, anda hanya perlu mendaftar dan mengisi data yang diperlukan dan tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun.

Treasury

Treasury adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli, menjual, dan berinvestasi emas. Disini, anda bisa menyimpan aset emas hanya dengan biaya Rp 5.000. APK ini sudah mendapatkan izin dari BAPPEBTI pada tahun 2021 dan bekerja sama dengan PT Untung Bersama Sejahtera sebagai mitra penyedia emas. 

Sebelum melakukan transaksi, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu di website atau di aplikasinya, dengan melengkapi data seperti KTP dan lainnya.

IndoGold

IndoGold adalah salah satu platform jual beli emas terpercaya di Indonesia. IndoGold dibuat pada tahun 1978 dan keamanan transaksinya sudah dijamin oleh OJK dan Kominfo. Disini, anda bisa mulai menabung emas dengan biaya Rp. 10.000 dan bisa membeli atau menjual emas dengan mudah dan cepat.

Apalagi, investasi anda bisa ditarik menjadi emas batangan atau emas dalam bentuk fisik dengan minimal 1 gram. Sebelum melakukan transaksi, anda harus mendaftar di website IndoGold dengan mengisi data diri sesuai KTP, dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

BukaEmas

Bagi yang memiliki akun Bukalapak, anda bisa bisa melakukan investasi dan jual beli emas atau logam mulia di fitur BukaEmas. BukaEmas bekerja sama dengan IndoGold sebagai mitra jual beli emas atau penanggung jawabnya. Anda bisa menjual dan membeli emas dengan mulai dari berat 0,0001 gram. Harganya juga sangat terjangkau dibandingkan membeli emas di tempat lain. 

Investasi emas tersebut bisa ditarik dan dikirim langsung ke alamat anda, namun berat minimal yang bisa ditarik adalah 1 gram. Emas batangan di BukaEmas dikeluarkan secara resmi oleh PT. ANTAM dan sudah tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). Transaksi di aplikasi ini juga dijamin aman, karena diawasi langsung oleh lembaga resmi OJK.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Beli Emas Batangan Dimana? Inilah Rekomendasi Tempat yang Aman

Trending Now