Iklan

Fungsi Dan Cara Menghitung Dengan Kalkulator Dana Pensiun

Jhoe Edward
Kamis, 10 November 2022 | 22:11 WIB Last Updated 2022-11-12T06:00:08Z
Kalkulator Dana Pensiun
Fungsi Dan Cara Menghitung Dengan Kalkulator Dana Pensiun

Kalkulator dana pensiun yakni sebuah instrument yang mampu kalian manfaatkan guna menjalankan perhitungan seberapa banyaknya dana pensiun yang kalian butuhkan di waktu yang akan datang. Dengan memanfaatkan kalkulator dana pensiun, kalian pun mampu melacak besaran yang perlu kalian tabung tiap bulannya guna menggapai dana pensiun yang diinginkan.

Baca juga: Piramida Perencanaan Keuangan

Langkah Menjalankan Perhitungan Dengan Memakai Kalkulator Dana Pensiun

Pastinya banyak dari kalianyang bertanya-tanya sebenarnya gimana cara menjalankan perhitungan dengan memakai alat tersebut. jawabannya, langkah awal yang harus kalian hitung yakni perbedaan umur harapan hidup dengan masa dimulai pensiun guna melacak jangka waktu pensiunnya.

Selanjutnya kalian tinggal mengalikan dengan pengeluaran setiap bulannya sekarang ini, plus jumlah inflasi. Setelah itu maka kalian bakalan memperoleh jumlah uang yang kalian perlukan. Guna memperoleh jumlah simpanan setiap bulan yang harus kalian simpan, kurangi jumlah uang yang diperlukan dengan saldo simpanan sekarang ini. Selanjutnya kalian tinggal mengalikannya dengan bunga bank setiap tahunnya.

Ilustrasi menjalankan perhitungan dengan memanfaatkan kalkulator dana pensiun: missal sekarang ini kalian berusia 30 tahun dengan umur pensiun yakni 60 tahun, serta keinginan hidup hingga umur 80 tahun. Oleh karena itu bisa kita ambil kesimpulan jika perbedaan umur pensiun dengan keinginan hidup yakni 20 tahun.

Pengeluaran setiap bulan sekarang ini yakni 10 juta rupiah, sementara besaran inflasi yakni 3%. Saldo simpanan kalian sekarang ini 20 juta rupiah serta bunga simpanan dari bank yakni 6%. Sehingga perhitungan guna jumlah dana pensiun yang kalian perlukan yakni:

20 x 10 juta + 3% = 4.334.666.960 rupiah

Sementara guna uang yang perlu kalian sisihkan guna menyimpan dana pensiun yakni:

4.334.666.960 – 20 juta x 6% = 4.195.274 rupiah

Kegunaan Kalkulator Dana Pensiun

Kalkulator dana pensiun berguna untuk melacak seberapa banyaknya dana yang kalian butuhkan guna mencukupi biaya hidup ketika sudah pensiun, serta seberapa banyaknya kalian perlu menyisihkan uang guna ditabung setiap bulan. Akan tetapi ketika menjalankan perhitungan keperluan, pastikan kalian juga melibatkan bertambahnya inflasi sebab harg auang sekarang ini bakalan tak sama dengan di waktu yang akan datang.

Baca juga: 8 Cara Memanage Uang Untuk Mahasiswa

Tekhnik Mengatur Dana Pensiun

Terdapat sejumlah tekhnik yang harus kalian jalankan ataupun kerjakan supaya kalian mampu mengatur dana pensiun kalian, diantara tekhnik-tekhniknya yakni sebagai berikut:

- Mempelajarinya secara benar

- Mendalami seberapa pentingnya dana pensiun di waktu yang akan datang

- Menjalankan perhitungan seberapa banyaknya keperluan dana pensiun kalian dengan memanfaatkan kalkulator dana pensiun

- Langkah paling baik guna menyiapkan dana pensiun yakni dengan cara menuruti rencana dana pensiun, menciptakan simpanan khusus, serta menyalurkan uangnya pada alat invest atau penanaman modal.

- Menentukan lembaga pengatur dana pensiun yang paling baik

- Menjumpai alat invest atau penanaman modal guna dana pensiun yang tepat

- Mencari tau jalan keluar paling baik apabila merasa kesulitan guna mengumpulkan dana pensiun.

Kenapa Harus Menyiapkan Dana Pensiun?

Setelah kalian mengetahui tentang apa itu kalkulator dana pensiun serta cara menjalankan perhitungannya maka kalian pun perlu mengetahui terkait kenapa kalian harus menyiapkan danapensiun? Apa manfaat dana pensiun? 

Menyiapkan dana pensiun sudah perlu dijalankan sejak dini. Bukan hanya mampu meyakinkan apabila di waktu yang akan datang nanti kalian mampu mandiri secara keuangan tanpa perlu merepotkan keturunan ataupun keluarga kalian. Akan tetapi terdapat alasan lainnya kenapa kalian perlu menyiapkan dana pensiun, antara lain yakni:

1. Makin Banyak Total Simpanan

Makin panjang masa menjalankan tabungan maka bakalan berpengaruh pada bunga serta jumlah yang kalian peroleh ketika waktu pensiun nanti. Makin awal menjalankan simpanan dana pensiun, pastinya bakalan makin panjang pula jangka waktu dana guna tersimpan dalam bank.

Oleh karena itu maka bisa dipastika jumlah bunga yang bakalan kalian peroleh cenderung lebih banyak ketimbang ketika kalian mulai menabung Cuma dalam kisaran masa 10 hingga 15 tahun sebelum waktu pensiun kalian tiba. Jadi, upayakan kalian memulai menyisihkan dana guna simpanan dana pensiun, contohnya 15% sampai 20% dari jumlah pendapatan kalian.

2. Modal Invest Atau Penanaman Modal

Guna mempunyai dana pensiun, maka kalian perlu mencoba dengan menjalankan aktivitas invest atau penanaman modal. Biarpun tak seluruh orang senang menyimpan dana dalam jangka waktu yang panjang, menentukan rencana invest dengan modal sedikit yang di tawarkan oleh bank mampu menjadi opsi yang tepat.

Kalian mampu menentukan menjalankan deposit, menjalankan tabungan LM atau logam mulia, invest reksadana, maupun invest obligasi.

Baca: juga: 5 Macam Investasi Yang Aman Saat Resesi

3. Mempunyai Perlindungan Paling Baik

Supaya pengaturan finansial tak terganggu meskipun menjumpai dampak kesehatan sekalipun, maka penting guna menjaga diri dengan asuransi. Salah satu asuransi yang penting yakni asuransi jiwa guna kejadian misalnya lumpuh total maupun meninggal dunia.

Adapun komoditas simpanan yang memberikan jaminan guna melanjutkan setoran sampai periode berakhir apabila pelanggan sebab sebuah hal tak mampu melanjutkannya. Dengan asuransi jiwa maka kalian serta keluarga kalian mampu memperoleh kegunaan terjaga dari beban keuangan sebab tak mempunyai pendapatan lagi.

4. Keperluan Pribadi Terjamin Dengan Dana Pensiun

Gimana cara kalian mencukupi keperluan yang makin besar di umur yang telah tak lagi produktif? Apa kalian bakalan menggantungkannya kepada keluarga atau anak kalian? Apakah kalian percaya diri jika keadaan finansial anak mampu mencukupi seluruh kebutuhan keluarga salah satunya kalian?

Oleh karena itu, penting guna kalian mempersiapkan dana pensiun sejak saat ini agar di waktu yang akan datang nanti kalian bisa tenang serta serba berkecukupan.

5. Ingat Inflasi

Kebanyakan inflasi selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya sekitar 6%, sementara bunga simpanan tak bakalan di atas 4%. Sehingga apabila kalian Cuma mengandalkan simpanan saja guna pensiun tentu tak bakalan cukup.

Besarnya nilai inflasi menjadikan nilai uang yang telah kalian simpan mengalami penurunan. Mungkin saat ini kalian merasakan ketenangan melihat rekening yang masih banyak, namun bakalan tak sama ketika sudah 20 tahun ke depan. Jumlah rekening kalian mungkin saja telah tak begitu bernilai.

Nah itulah sedikit ulasan terkait dengan dana pensiun yang mmapu kami sajikan pada kalian. Dari artikel ini kalian mampu mengetahui tentang apa itu makna dari kalkulator dana pensiun serta langkah menjalankan perhitungannya, selain itu kalian pun mengetahui apa kegunaan dari menyiapkan dana pensiun.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fungsi Dan Cara Menghitung Dengan Kalkulator Dana Pensiun

Trending Now