Iklan

Gesek Tunai Kartu Kredit, Kelebihan, kekurangan, Hingga Bahayanya

Jhoe Edward
Minggu, 24 Juli 2022 | 11:19 WIB Last Updated 2022-11-12T15:45:18Z

Gesek Tunai Kartu Kredit
Gesek Tunai Kartu Kredit, Kelebihan, kekurangan, Hingga Bahayanya


Sebagian besar pengguna kartu kredit menganggap memiliki kartu kredit adalah salah satu cara cepat jika kepepet membutuhkan uang karena bisa gesek tunai kartu kredit. Nah bagi Anda yang belum tahu soal kelebihan dan kekurangan menggunakan fasilitas ini harus perhatikan supaya tidak mendapatkan masalah nantinya. Menggunakan kartu kredit dan menarik tunai memang terlihat simpel namun ada beberapa kekurangan dan bahayanya.

Sudah banyak masyarakat yang menggunakan kartu kredit karena memiliki banyak kelebihannya. Salah satunya adalah bisa gesek tunai menggunakan kartu kredit di beberapa merchant. Umumnya adalah menggunakan EDC atau Electronic data capture yang merupakan fasilitas dari bank. Sehingga dengan melakukan transaksi di merchant seolah-olah Anda membeli sesuatu, namun kenyataannya Anda mengambi uang secara tunai di merchant tersebut.

Pasti Anda tidak menyangka jika dengan adanya fasilitas gesek tunai ini justru membuat nasabah bisa terjerat masalah besar nantinya. Oleh sebab itu, sebelum Anda berbelanja dan menggunakan gesek tunai sepeti ini harus tahu apa saja kekurangan serta bahayanya bukan hanya ari keuntungannya saja. Dengan begitu Anda perlu memahami lebih jauh apakah bahaya gesek tunai dengan cara tersebut dan apa saja kelebihan yang ditawarkan.

Baca juga: Pertanyaan Tentang Investasi yang Sering Disalah Artikan

Kelebihan Gesek Tunai Kartu Kredit

Kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dari fasilitas gesek tunai kartu kredit adalah :

1. Bunga rendah 

Salah satu kelebihan menggesek tunai kartu kredit yang paling umum adalah menawarkan bunga yang cukup rendah. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang tertarik dengan penawaran seperti ini. Dibandingkan melalui ATM gesek kartu kredit secara tunai ini lebih rendah bunganya. Hal ini juga dianggap sebagai transaksi ritel jadi banyak sekali masyarakat yang tergiur dengan penawarannya.

Pada saat ini, bunga transaksi di ritel yaitu 2,25% per bulannya sedangkan untuk sebagian bank ada yang menerapkan bunga 2,95% untuk penarikan melalui ATM. Kemudian sebagian bank lagi menerapkan bunga tarik tunai di ATM yang sama dan dengan transaksi ritel. Ada biaya tambahan lainnya jika menarik tunai melalui ATM.

2. Tidak ada limit 

Dengan menggunakan fasilitas f\gesek tunai, kemudian Anda bisa memperoleh data tanpa ada batasannya. Hal seperti ini bisa diperoleh apabila Anda menarik dana melalui ATM, kemudian Anda hanya dapat menarik dana 40 sampai 60 persen dari limit kartu kredit Anda. Itulah sebabnya banyak orang yang senang menggunakan gesek kartu tunai seperti ini.

Namun dengan adanya fasilitas seperti ini sayangnya dapat membuat pemilik kartu kredit menjadi semakin boros karena tidak dapat menjaga keseimbangan kartu kreditnya dengan baik. Nah, akibatnya adalah dengan gesek kartu membuat pemilik kartu jadi terjerat hutang kartu kredit dan bisa menjadi masalah besar di keuangannya.

3. Biaya penarikan rendah

Kelebihan lain dari fasilitas gesek tunai kartu kredit adalah karena biaya penarikannya yang cukup rendah. Oleh sebab itu membuat masyarakat mulai banyak menggunakan gesek tunai ini. jika dibandingkan dengan penarikan tunai melalui ATM akan lebih rendah. Umumnya penarikan melalui ATM akan dikenakan biaya 4% dari jumlah atau nilai transaksinya atau minimal 50 ribu rupiah.

Kemudian gesek tunai hanya dikenakan biaya sebesar 2 hingga 3 persen saja jadi lebih ringan. Itulah sebabnya membuat bank serta regulator jadi keberatan dengan adanya gesek tunai ini sebab pihak bank memiliki potensi untuk kehilangan pendapatan mereka. Dilihat dari sisi edukasi keuangan, dengan adanya gesek tunai bisa membuat nasabah menjadi konsumtif karena biaya penarikan lebih rendah ini.

4. Tagihan langsung terpotong

Kelebihan atau keuntungan yang menggiurkan berikutnya adalah karena tagihannya langsung terpotong saat menarik uang tunai. Oleh sebab itu, tidak heran Anda bisa langsung mengetahui berapa jumlah tagihannya. Saat melakukan gesek tunai pemotongan biaya langsung dilakukan. Biayanya adalah saat Anda menarik tunai melalui gestun sebanyak 2 juta akan terpotong langsung sehingga uang yang diperoleh adalah Rp. 1.940.000.

Sebab penarikan dananya akan dikenai sebesar 3% saja dan langsung terpotong secara otomatis.

Jadi, seperti itulah sejumlah kelebihan atau keuntungan dari gesek tunai kartu kredit yang bisa didapatkan oleh nasabah yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Baca juga: Apa Itu Investor? Pengertian, Tips, dan Resikonya

Kekurangan Gesek Tunai Kartu Kredit 

Kekurangan-kekurangan gesek tunai di gestun yang perlu Anda ketahui adalah :

1. Kredit macet 

Kekurangan gesek tunai menggunakan kartu kredit yang pertama adalah dapat menimbulkan masalah kredit macet. Banyak sekali nasabah yang mengalami masalah ini sehingga mereka kerap terlilit hutang di tempat yang lainnya juga. Seperti yang kita ketahui bahwa adanya dengan kemudahan dan keuntungan yang diperoleh dari gesek tunai ini membuat masyarakat jadi konsumtif.

Anda bisa membayangkan bisa melakukan transaksi tanpa adanya batas maupun limit. Dengan begitu Anda dapat menggunakannya secara bebas untuk bertransaksi. Sebagian besar masyarakat menggunakannya untuk berbelanja. Kemudian jika Anda tidak dapat berhenti menggunakan fasilitas tersebut karena konsumtif dan tidak ada dana untuk segera membayarnya maka akan menyebabkan risiko kredit macet. 

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kartu kredit harus digunakan atau dimanfaatkan dengan baik. Bahaya yang lebih parah adalah Anda tidak hanya harus membayar minimal jadi bunga yang telah dimanfaatkan untuk jadi bunga pada akhirnya terlilit hutang tanpa pada akhirnya. Jai berbahaya sekali dengan adanya gesek tunai ini. 

2. Penyalahgunaan manfaat kartu kredit 

Kekurangan atau bahayanya dari gesek tunai kartu kredit yang kedua adalah terjadinya penyalahgunaan manfaat ari kartu kredit. Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat ari kartu kredit adalah sebagai alat pembayaran bukan digunakan untuk berhutang. Namun dengan adanya kemudahan menggunakan gesek tunai dengan kartu kredit membuat banyak masyarakat yang terlilit hutang. 

Nah, dengan kelebihan yang diberikan dari kartu kredit seharusnya Anda tidak menyalahgunakan karena ingin tarik uang tunai secara mudah. Sekarang Anda harus menanggung akibatnya karena kartu kredit seenaknya.

3. Bisa terjadi pencucian uang 

Kekurangan atau bahaya menggunakan gesek tunai seperti ini adalah semakin tinggi risiko terjadinya pencucian uang atau money laundry. Nah, selain karena bisa menyebabkan kredit macet namun juga bisa menyebabkan pencucian uang. Bisa saja saat gesek tunai kartu kredit dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Kebanyakan penipu atau orang yang bertanggungjawab memanfaatkan kemudahan ini untuk menyalurkan dana hasil tindak pidana kepada nasabah yang gesek secara tunai seperti ini. Oleh sebab itu, Anda diminta untuk berhati-hati saat menggunakan fasilitas gesek kartu. Usahakan Anda tidak terlalau sering menggunakan fasilitas ini untuk mengurangi risiko yang terjadi. 

Tentu saja Anda bisa mendapatkan getahnya karena adanya pencucian uang seperti ini. Ha yang paling tuak diinginkan terjadi adalah Anda bisa terkena masalah pidana hingga dipenjara. Oleh sebab itu, pastikan Anda menjaga atau rekening dan kartu kredit yang dimiliki dengan baik. 

Itulah beberapa contoh kelebihan-kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan gesek tunai kartu kredit yang perlu Anda ketahui sehingga bisa menggunakannya secara bijak sekarang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gesek Tunai Kartu Kredit, Kelebihan, kekurangan, Hingga Bahayanya

Trending Now