Iklan

Inilah Beda Emas Antam dan UBS

Jhoe Edward
Minggu, 09 Oktober 2022 | 19:08 WIB Last Updated 2022-11-12T07:03:19Z

Ini Beda Emas Antam dan UBS
Ini Beda Emas Antam dan UBS

Jenis emas yang biasa digunakan untuk investasi adalah emas batangan. Ada dua merek yang tersedia di Indonesia, yaitu emas Antam dan UBS. Meski sama-sama emas, ternyata emas Antam dan UBS memiliki beberapa perbedaan yang wajib anda ketahui sebelum melakukan investasi. Untuk lebih jelasnya, simak ini beda emas Antam dan UBS.

Apa Saja Beda Emas Antam dan UBS?

Untuk mengetahui jenis emas mana yang cocok untuk diinvestasikan, berikut ini beda emas Antam dan UBS yang perlu anda ketahui.

Produsen

Perbedaan pertama antara kedua emas tersebut adalah dari sisi produsen atau pembuatnya. Emas Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang (PT Antam) yang telah melakukan kegiatan pengolahan logam mulia dan menawarkan berbagai produk menarik lainnya sejak tahun 1986.

Sedangkan, emas UBS merupakan produk dari PT Untung Bersama Sejahtera yang mengelola berbagai produk logam mulia dan perhiasan sejak tahun 1981. Perusahaan yang berlokasi di Surabaya ini memproduksi produk perhiasan dengan merek Venus dan Starshine.

Baca juga: Beli Emas Batangan Dimana? Inilah Rekomendasi Tempat yang Aman

Sertifikat

Saat ini, emas Antam sudah memiliki sertifikat yang terpasang pada kemasannya dengan dilaminating dan memiliki berbagai standar keamanan lainnya. Jika ingin mengecek keaslian emas Antam, anda bisa memindai QR Code dalam kemasan emas Antam menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau App Store, yaitu Certieye. 

Sertifikat emas Antam merupakan serifikat internasional dari London Bullion Market Association (LBMA) sebagai sertifikat terbarunya, sehingga memudahkan penjualan di berbagai negara. Namun, ada juga emas Antam yang memiliki sertifikat dengan versi lama, yaitu berupa kertas dengan fitur Ultra violet. Sedangkan, emas UBS memiliki sertifikat dari perusahaan UBS itu sendiri. 

Pecahan emas UBS paling kecil memiliki berat 0,1 gram dan sertifikatnya berbentuk kertas, sementara emasnya sudah dilaminasi didalamnya dan berbentuk seperti SIM card. Untuk emas UBS dengan pecahan di atas 5 gram versi lama sertifikatnya menggunakan plastik dan hologram yang bisa dikeluarkan dari kemasannya dan dipegang secara langsung, karena emasnya dipisahkan. 

Ukuran dan Berat

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi ukurannya. Emas Antam memiliki ukuran yang lebih kecil, namun lebih tebal dari emas UBS. Namun, kandungan emas dari keduanya tetap sama, yakni 99,99%. Selain itu, emas batangan Antam memiliki bobot yang bervariasi, mulai dari 0,5 gram hingga yang terberat adalah 1.000 gram atau 1 kg.

Sedangkan emas produksi UBS memiliki pilihan bobot yang terbatas, tidak selengkap emas Antam. Emas UBS memiliki berat dari 0,5 gram hingga 100 gram. Meski emas Antam memiliki bobot yang lebih variatif, anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi anda.

Meskipun bentuk fisik emas UBS lebih lebar dibandingkan emas Antam. Namun ketika ditimbang, keduanya memiliki berat yang sama, hanya dimensinya yang berbeda. Selain itu, emas UBS tersedia dalam berbagai bentuk karakter yang unik dan lucu, seperti Hello Kitty, Disney, dan karakter unik lainnya.

Baca juga: 4 Merek Emas Batangan terbaik di Indonesia untuk Investasi Logam Mulia

Harga

Harga emas Antam saat ini masih lebih tinggi dari harga emas UBS, karena sertifikat Antam berlaku secara internasional, sedangkan emas UBS masih di tingkat nasional. Selain itu, dimensi emas Antam yang lebih kecil, akan membuat biaya produksi lebih tinggi dibandingkan dengan emas UBS.

Emas Antam dan UBS memiliki harga yang fluktuatif dalam jangka pendek, bahkan terjadi peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan situs resmi kompas (08/10/22), harga emas Antam 2 gram berkisar di harga Rp 1.910.000. Sementara itu, harga emas UBS dengan bobot 1 gram dipatok dengan harga Rp 941.000 atau turun Rp 2.000 daripada sehari sebelumnya. 

Untuk harga emas dengan pecahan 0,5 gram UBS dijual dengan harga Rp 503.000, dan pecahan 2 gram berkisar di harga Rp 1.868.000. Jadi, bagi anda yang ingin berinvestasi emas dengan modal terjangkau, maka investasi emas UBS bisa menjadi pilihan. Karena harga emas UBS lebih murah dibandingkan emas Antam. 

Lokasi Pembelian

Anda bisa menemukan emas Antam dan UBS di seluruh tanah air dengan mudah, karena saat ini emas Antam dan UBS sudah didistribusikan secara offline melalui official store masing-masing. Untuk membeli emas Antam, anda bisa langsung mengunjungi Unit Bisnis Antam di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur atau butik emas PT Antam yang tersebar di berbagai kota.

Sementara itu, emas UBS tidak memiliki pusat penjualan khusus, anda hanya bisa mendapatkannya melalui toko emas, pegadaian, atau marketplace. Apalagi stok yang tersedia di toko emas sangat terbatas dan hanya tersedia untuk ukuran tertentu. 

Namun, untuk membeli emas, baik emas Antam maupun UBS terkadang anda harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengetahui detail lokasi penjualan emas Antam dan UBS secara resmi di website masing-masing.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inilah Beda Emas Antam dan UBS

Trending Now