Iklan

Cara Mencari Dan Membaca Laporan Keuangan BEI

Jhoe Edward
Minggu, 17 Juli 2022 | 20:57 WIB Last Updated 2022-11-12T15:50:33Z
Mencari Dan Membaca Laporan Keuangan BEI
Cara Mencari Dan Membaca Laporan Keuangan BEI


Pengantar

Dalam investasi itu sebenarnya ada 2 jenis, yang melihat capital gain saja dan yang melihat keuntungan dari perusahaan tersebut dan capital gain. Laporan keuangan BEI menjadi salah satu data yang sangat penting dalam investasi, apabila Anda ingin mengincar keuntungan yang bertumbuh pada investasi. Dan dari laporan keuangan itulah Anda akan bisa menentukan langkah investasi yang Anda ambil. 

Investasi itu jelas memiliki risiko, akan tetapi dari melihat laporan keuangan membuat risiko itu jadi sedikit lebih kecil. Bagi investor pemula itu memang disarankan untuk memperhatikan laporan keuangan dan berinvestasi pada perusahaan yang sehat. Dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa cara untuk mencari dan juga membaca sebuah laporan keuangan. 

Apa Itu Laporan Keuangan?

Sebelum Anda mencari laporan keuangan, ada baiknya Anda memahami dulu apa sebenarnya laporan keuangan itu. Laporan keuangan itu adalah sebuah catatan informasi keuangan dari suatu perusahaan tertentu dalam periode tertentu. Dalam laporan tersebut akan terlihat mengenai aset, liabilitas dan juga ekuitas dari sebuah perusahaan, ini terlihat jelas di laporan keuangan BEI. 

Dengan isi atau informasi yang ada di laporan keuangan tersebut, maka jelas Anda akan tahu bagaimana posisi dari perusahaan itu sendiri. Selain itu juga dengan melihatnya dan membandingkan dari tahun ke tahun, maka Anda akan bisa mengetahui kinerja dari perusahaan tersebut seperti apa. Sebab itulah dalam melakukan investasi itu laporan keuangan menjadi sangat penting, karena dari situlah orang akan bisa melihat prospek keuntungan dari perusahaan tersebut. 


Cara Mencari Laporan Keuangan Bursa Efek

Untuk bisa mengambil kesimpulan atau langkah dalam investasi, Anda itu butuh yang namanya laporan keuangan. Banyak orang yang belum tahu cara untuk mencari laporan keuangan, padahal itu adalah hal yang sangat penting dan juga dibutuhkan dalam investasi. Oleh karena itulah Anda harus mencari tahu dulu bagaimana langkah dan cara untuk supaya bisa mendapatkan laporan keuangan sebelum investasi. 

Dan berikut ini kami akan jelaskan dulu bagaimana sih cara untuk mencari laporan keuangan BEI ini.
 
  1. Langkah yang paling pertama itu adalah Anda harus masuk dulu ke situs resmi dari IDX yakni idx.co.id. 
  2. Setelah Anda sudah masuk ke halaman situs resmi IDX tersebut, langkah selanjutnya adalah Anda masuk ke menu perusahaan tercatat
  3. Nanti Anda akan masuk ke menu tersebut dan Anda pilih lagi menu laporan keuangan dan tahunan
  4. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman pencarian, nah Anda tinggal isi bagian kode emiten atau nama perusahaan. Setelah itu Anda tuliskan juga periode waktu atau tahun dari laporan keuangan yang ingin Anda lihat. Anda perlu centang juga pilihan jenis laporan dan juga jenis efek dari laporan yang ingin Anda lihat. 
  5. Setelah itu periksa kembali apakah semua sudah benar, dan kemudian Anda klik cari di halaman tersebut. Anda akan melihat hasil yang sesuai dengan nama yang sudah Anda tuliskan di halaman pencarian tadi.
  6. Nanti akan ada beragam file laporan keuangan BEI yang bisa Anda unduh. IDX sendiri menyediakan file dengan jenis PDF dan juga Excel. 
  7. Anda tinggal klik salah satu link yang ingin Anda download, dan setelah itu file laporan akan terdownload. 
  8. Kalau Anda ingin melihat keseluruhan perusahaan di BEI, maka Anda bisa tuliskan emiten di menu pencarian. Sementara bila ingin download laporan keuangan beberapa emiten, tinggal masukkan saja semua kodenya atau namanya di menu pencarian. 

Apabila Anda tidak berhasil mencari dengan menggunakan nama perusahaan, maka Anda bisa cari tahu dulu kode emiten dari perusahaan yang Anda maksud. Di situs resmi IDX itu sudah pasti akan disampaikan mengenai kode emiten tersebut. 

Cara Membaca Laporan Keuangan Bursa Efek

Setelah Anda sudah mendapatkan data laporan keuangan, maka selanjutnya Anda itu harus bisa memahami bagaimana cara membaca laporan. Apa saja yang harus Anda lihat dari laporan keuangan untuk mengetahui sebuah perusahaan itu sehat atau tidak. Dan berikut ini kami jelaskan cara untuk membaca laporan keuangan BEI, supaya bisa menjadi pertimbangan dalam investasi.

1. Melihat Laba Bersih Dan Ekuitas

Hal pertama yang harus dilihat itu adalah soal laba bersih dan juga total ekuitas dari sebuah laporan keuangan. Anda harus membandingkannya dengan tahun sebelumnya dan juga sebelumnya lagi, untuk melihat perkembangan atau perubahannya. Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang bisa meningkatkan laba bersih dan juga ekuitasnya. 


2. Melihat ROE

ROE atau return of Equity ini adalah analisis dasar atau fundamental dalam melihat laporan keuangan sebuah perusahaan. Cara menghitung ROE itu adalah nilai laba periode berjalan 1 tahun dibagi dengan total ekuitas di kali 100%. Perusahaan yang sehat itu nilai ROE harus di atas 15%, bila kurang tentunya perusahaan tersebut bisa dibilang tidak menguntungkan. 

3. Membandingkan Hutang Dan Ekuitas

Berikutnya adalah soal perbandingan hutang dan juga ekuitas, perusahaan yang sehat itu biasanya antara hutang dan ekuitas itu sama. Kalau hutangnya lebih besar, maka sebaiknya berhati-hati dengan kemungkinan perusahaan tidak terlalu sehat. 

4. Membandingkan Laba Dengan Total Ekuitas

Berikutnya membandingkan total modal disetor dan total tambahan modal disetor dalam ekuitas dan total nilai laba. Dan perbandingannya itu saldo laba itu harus positif atau lebih besar, itu baru merupakan perusahaan yang sehat dan bertumbuh. Ini hal penting yang harus dilihat dari laporan keuangan BEI. 

5. Membandingkan Aset Lancar Dengan Hutang Jangka Pendek

Berikutnya adalah membandingkan aset lancar dengan hutang lancar atau jangka pendek, ini akan menghasilkan Current Ratio. Perusahaan yang sehat itu biasanya memiliki aset lancar yang lebih besar dibandingkan dengan utang lancar atau jangka pendeknya. Karena dengan begitu kemungkinan hutang tidak terbayar itu sangat kecil, dan meminimalisir kemungkinan ada bunga. 

6. Melihat Net Income Margin

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan juga adalah soal Net Income Margin yakni perbandingan laba bersih dengan penjualan. Untuk margin laba perusahaan manufaktur itu minimal 20% untuk dikatakan sehat, untuk perusahaan dagang minimal 10%. Cara menghitungnya adalah laba bersih dibagi dengan nilai penjualan dikali 100%. 

7. Membandingkan Laporan Arus Kas Dan Laba Rugi

Dalam laporan keuangan juga harus membandingkan laporan arus kas dan juga laporan laba rugi, sebisa mungkin tidak terlalu jauh. Kalau terlalu jauh berarti pendapatannya itu hanya untuk pembukuan saja, sementara uangnya itu tidak benar-benar ada. 

8. Melihat Hasil Audit Laporan

Hal terakhir yang harus dilihat dari laporan keuangan adalah hasil audit, pastikan kalau hasil audit laporan keuangan wajar tanpa pengecualian. Jadi laporan keuangan itu datanya memang valid. 

Demikianlah beberapa hal dalam membaca laporan keuangan BEI. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Mencari Dan Membaca Laporan Keuangan BEI

Trending Now