Iklan

Cara Beli Saham, Offline atau Online?

Jhoe Edward
Kamis, 01 September 2022 | 21:11 WIB Last Updated 2022-11-12T15:33:01Z
Cara Beli Saham
Cara Beli Saham, Offline atau Online?

Salah satu instrumen investasi yang kini banyak diminati oleh kalangan anak muda adalah investasi saham. Perlu diketahui bahwa saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai dari sebuah perusahaan atau sebuah bukti dari penyertaan modal yang dimiliki. Secara sederhana, cara beli saham dari sebuah perusahaan secara otomatis membuat Anda ikut serta menjadi pemilik perusahaan tersebut. 

Bagaimana Cara Membeli Saham yang Benar? 

Saat ini untuk membeli saham dengan mudah bisa dilakukan, yaitu secara offline atau secara online. Bahkan harga saham pun sudah makin terjangkau sehingga bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Dari mulai kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan kantor hingga ibu rumah tangga sekalipun. Untuk melakukan investasi saham bisa dilakukan dengan untung rugi sebagai berikut. 

a. Keuntungan investasi saham

Jika Anda melakukan investasi saham, maka akan mendapatkan keuntungan yaitu memperoleh keuntungan dari harga saham yang naik ketika terjadi kegiatan pasar keuangan. Keuntungan lainnya adalah memiliki hak untuk memperoleh pembagian hasil dari keuntungan yang berhasil diperoleh oleh perusahaan. 

b. Kerugian investasi saham

Ada keuntungan maka juga ada kerugian yang bisa dialami jika Anda melakukan investasi saham. Kerugian jika berinvestasi saham adalah ketika harga saham mengalami penurunan dari harga saham waktu pembelian awal. Lalu kerugian lainnya adalah adanya resiko likuidasi yang bisa terjadi ketika perusahaan yang Kita beli sahamnya ternyata mengalami bangkrut atau ditutup. 

Melihat apa saja keuntungan dan kerugian jika Anda melakukan investasi saham, maka bisa dipahami bahwa investasi saham adalah sebuah instrumen investasi yang memiliki resiko tinggi namun juga bisa memberikan keuntungan tinggi pula jika berani mengambilnya. 

Dalam kegiatan investasi saham, Anda akan mengenal sebuah lembaga yang bernama Bursa Efek Indonesia. Yaitu sebuah tempat yang mewadahi para trader untuk bisa membeli atau menjual saham di pasar keuangan untuk melakukan transaksi saham. Namun perlu dipahami bahwa untuk membeli saham tidaklah harus dilakukan dengan cara datang ke BEI secara langsung saja. Anda juga bisa melakukan pembelian saham secara online dengan menggunakan layanan jasa perusahaan sekuritas yang terpercaya. 

Baca juga: Mengenal Candlestick dan Cara Membaca Candlestick

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh trader pemula untuk cara beli saham dengan benar. 

1. Memilih perusahaan sekuritas

Cara yang pertama bisa dilakukan dengan memilih perusahaan sekuritas yang akan dijadikan sebagai tempat untuk melakukan transaksi saham. Diketahui di Indonesia ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan untuk menjadi perantara transaksi jual beli saham dan untuk membantu proses pembukaan rekening investasi saham di BEI. Pastikan perusahaan sekuritas yang Anda pilih terpercaya dan memiliki legalitas sehingga bisa menjadi perantara investasi saham yang dijamin tak akan merugikan secara finansial. 

Pilih perusahaan sekuritas yang berada di bawah pengawasan langsung dari OJK, biasanya daftar perusahaan sekuritas yang resmi diawasi langsung oleh OJK dirilis dalam sebuah daftar yang bisa diakses oleh umum. 

2. Lakukan pembukaan rekening investasi saham

Rekening untuk investasi saham dikenal dengan nama Rekening Dana Nasabah atau RDN. Merupakan jenis rekening yang harus dimiliki oleh para penanam modal untuk melakukan transaksi cara beli saham di pasar keuangan. Adapun langkah untuk membuka rekening ini diantaranya adalah dengan mempersiapkan dokumen identitas pribadi seperti KTP, NPWP (WNI) atau paspor (WNA), FC halaman depan buku tabungan dan dua lembar materai. 

Setelah itu Anda bisa datang ke perusahaan sekuritas yang dipilih, lalu isi formulir dengan data dan informasi yang akurat serta terpercaya sebelum lakukan setoran awal untuk pembukaan RDN tersebut. Biasanya nilai setoran awal pembukaan rekening ini adalah berkisar Rp. 100.000 sampai besaran 3 juta rupiah. 

3. Pilih jenis saham yang akan dibeli

Setelah mempunyai rekening dana nasabah, kini Anda siap untuk melakukan transaksi saham di pasar keuangan. Namun untuk membeli saham dengan benar, tak bisa dilakukan begitu saja. Anda harus mempelajari mana jenis saham yang berpeluang menguntungkan, mudah untuk diinvestasikan dan sesuai dengan kemampuan Anda dalam berinvestasi saham. 

Jika ingin membeli saham di sebuah perusahaan maka lihat terlebih dahulu laporan keuangan dan kinerja dari perusahaan tersebut sehingga diketahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan pada saat itu. Kini Anda bisa melakukan pembelian saham perusahaan secara online dengan menggunakan bantuan aplikasi, yang berfungsi sebagai perantara sekaligus alat untuk memantau jalannya trading saham. 

4. Awasi pergerakan pasar saham

Sebagai seorang penanam modal, yang harus dilakukan setelah melakukan cara beli saham adalah untuk mengawasi pergerakan pasar dengan menggunakan sarana situs berita atau media sosial. Saat ini, situs berita atau media sosial menjadi media paling efektif untuk mengetahui informasi pergerakan pasar di kondisi yang terbaru. 

Bagaimana Cara Melakukan Pembelian Saham Secara Online? 

Selain cara beli saham secara langsung dengan datang ke kantor lembaga BEI secara langsung, Anda juga bisa melakukan pembelian saham secara online. Apalagi ketika semakin banyak orang yang sudah menggunakan smartphone maka tentunya lebih mudah untuk melakukan pembelian saham secara online. Diketahui ada beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda untuk melakukan pembelian saham dengan beberapa fitur canggihnya. 

• Bisa membeli jenis investasi saham atau jenis instrumen investasi lainnya. 

• Tempat untuk jual beli saham yang terpercaya. 

• Informasi lengkap seputar investasi saham, tips dan trik efektif untuk melakukannya. 

• Tersedia rekomendasi saham yang berpeluang menguntungkan untuk Anda beli. 

• Melakukan pembelian saham dengan besaran modal kecil atau tanpa modal sekalipun. 

• Aplikasi ini disajikan dengan tampilan yang sederhana dan user friendly sehingga mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan pengguna. 

Baca juga: Cara Mencari Dan Membaca Laporan Keuangan BEI

Ketahui Langkah yang Tepat Untuk Membeli Saham Via Sekuritas di BEI

1. Daftar untuk mendapatkan rekening efek

Sebelum melakukan cara beli saham, penanam modal harus terlebih dahulu mendaftar untuk mempunyai rekening efek sebagai syarat pembelian saham. Membuka rekening efek saat ini bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi atau website resmi. 

2. Unduh dan install aplikasi trading online

Saat ini ada banyak perusahaan sekuritas yang sudah memiliki aplikasi trading online yang bisa memberikan kemudahan untuk penanam modal dalam melakukan transaksi saham. Usahakan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi trading online baik melalui komputer PC atau smartphone kemudian lakukan login dengan akun rekening efek Anda untuk bersiap melakukan pembelian saham. 

3. Lakukan setoran dana investasi awal

Untuk melakukan setoran dana investasi awal bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menyiapkan dana dari tabungan kemudian lakukan setoran sesuai jumlah yang disepakati ke nomor rekening dana nasabah. Setoran bisa dilakukan dengan melakukan transfer via ATM, mobile banking atau internet banking sesuai kebutuhan. 

Setelah transfer berhasil dilakukan, pengisian rekening akan dilakukan di luar jam kerja karena umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama. Setelah itu, barulah Anda bisa mengecek apakah dana investasi awal sudah masuk dengan membuka aplikasi trading online yang sudah diinstall dan melakukan cara beli saham. 

4. Transaksi jual dan beli saham

Usahakan Anda sudah memahami bagaimana cara melakukan pembelian atau penjualan saham dengan benar. Penting untuk diketahui bahwa minimal pembelian saham dilakukan dengan jumlah 1 lot yang setara dengan pembelian sekitar 100 lembar saham. Berlaku juga ketika Anda memutuskan untuk melakukan penjualan saham. 

Untuk setiap transaksi jual dan beli saham akan diberlakukan fee transaksi. Harga saham yang tersedia di BEI memiliki harga yang bervariasi dan tentunya mencerminkan nilai dari perusahaan yang bersangkutan. 

5. Bisa melakukan perubahan order saham

Ketika melakukan transaksi trading online, penanam modal memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan pada order saham yang dilakukan yaitu pada harga beli atau harga jual. Sekian ulasan tentang cara beli saham yang benar baik melalui cara online atau offline.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Beli Saham, Offline atau Online?

Trending Now